Jumat, 24 Oktober 2014

SISTEM PEREKONOMIAN

Halo Assalamu’alaikum J
Kali ini saya akan menjelaskan tetntang sistem ekonomi merkantilisme, kapitalisme, komunisme, sosialisme, fasisme, dan demokrasi ekonomi. Kenapa ? karena  karena sistem ekonomi merupakan hal penting yang akan mempengaruhi bisnis.
1.      Sistem perekonomian merkantilisme :
Suatu teori ekonomi yang menyatakan bahwa kesejahteraan suatu negara hanya ditentukan oleh banyaknya aset atau modal yang disimpan oleh negara yang bersangkutan, dan bahwa besarnya volum perdagangan global teramat sangat penting.
Merkantilisme mengajarkan bahwa pemerintahan suatu negara harus mencapai tujuan ini dengan melakukan perlindungan terhadap perekonomiannya, dengan mendorong eksport (dengan banyak insentif) dan mengurangi import (biasanya dengan pemberlakuan tarif yang besar).

2.      Sistem perekonomian kapitalisme:
Kapitalisme atau Kapital adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan membuat keuntungan dalam ekonomi pasar. Pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi.

3.      Sistem perekonomian komunisme :
Suatu sistem perkonomian dimana peran pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber – sumber kegiatan perekonomian.setiap orang tidk diperbolehkan memiliki kekayaan pribadi, sehingga nasib sseseorang bisa ditentukan oleh pemerintah. Semua unit bisnis mulai dari yang kecil hingga yang besar dimiliki oleh pemerintah dengan tujuan pemerataan ekonomi dan kebersamaan. Namun , tujuan sistem perekonomian komunisme ini belum pernah sampai ke tahap yang maju, sehingga banyak Negara yang meninggalkan sistem komunisme tersebut.

4.      Sistem perekonomian sosialisme :
Sosialisme atau sosialis adalah sistem sosial dan ekonomi yang ditandai dengan kepemilikan sosial dari alat-alat produksi dan manajemen koperasi ekonomi, serta teori politik dan gerakan yang mengarah pada pembentukan sistem tersebut."Kepemilikan sosial" bisa merujuk ke koperasi, kepemilikan umum, kepemilikan negara, kepemilikan warga ekuitas, atau kombinasi dari semuanya. Ada banyak jenis sosialisme dan tidak ada definisi tunggal secara enskapitulasi dari mereka semua.


5.      Sistem perekonomian fasisme :
Kebijakan – kebijakan ekonomi yang diterapkan oleh pemerintahan fasis. Fasis berusaha untuk mengatur bangsa menurut perspektif korporatis, nilai, dan sistem, termasuk sistem politik dan ekonomi. Fasis percaya bahwa bangsa memerlukan kepemimpinan yang kuat, identitas kolektif tunggal, dan kemampuan untuk melakukan kekerasan dan berperang untuk menjaga bangsa yang kuat. pemerintah Fasis melarang dan menekan oposisi terhadap negara.

6.      Sistem perekonomian demokrasi ekonomi :

Demokrasi Ekonomi pengertiannya adalah  produksi yang dikerjakan oleh semua masyarakat dan untuk semua di bawah pimpinan atau pemilihan anggota-anggota masyarakat. Kemakmuran masyarakatlah yang akan diutamakan, bukan kemakmuran orang seorang. Sistem ekonomi di Indonesia yaitu berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta GBHN, sehingga disebut sebagai "Sistem Ekonomi Berdasarkan Demokrasi Ekonomi Pancasila".

SUMBER :
http://id.m.wikipedia.org
http://www.organisasi.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar